Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Alasan Untuk Mencoba Masakan Korea

Hai teman-sahabat, kali ini saya kembali membawa berita menarik buat kalian mengenai apasih alasan bertenaga bahwa kita perlu mencoba masakan Korea ? Jikalau kalian hendak mencoba namun ragu apakah makanan tadi halal atau tidak, coba kalian cari restoran Korea yg telah bersertifikasi halal. Apa saja alasan-alasan yang perlu kita ketahui, silahkan disimak pembahasan berikut ini :

1. It's Healthy

Mantan Wali Kota New York, Michael Bloomberg pernah mengungkapkan bahwa Ia telah menjadi pecinta kimchi setelah mengunjungi restoran Korea, Geumgangsan. Riset dari Korea's Rural Development Administration and The Agricultural Research Service (ARS) dari Departement Agrikultural Research (USDA) merilis sebuah riset yang menyatakan bahwa faktor resiko kesehatan dari orang yang mengadopsi diet dengan masakan Korea berkurang secara signifikan dibanding dengan orang yang mengkonsumsi pola makan ala Amerika. Penurunan tingkat kolestrol dengan mengkonsumsi masakan Korea mencapai lebih dari lima kali lebih tinggi. Jadi, jangan heran apabila masakan Korea termasuk sebagai salah satu masakan yang sehat.

Kimchi

dua. It's About Patience

Banyak sekali masakan khas Korea yang dibuat dari proses fermentasi yang memerlukan waktu cukup lama, contohnya adalah saus (Doenjang) yang digunakan sebagai bahan pelengkap masakan Korea. Proses fermentasinya menggunakan mikroorganisme yang tidak bisa dibuat secara instan begitu saja. Ada proses dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil maksimal. Lebih jauh lagi, bakteri lactic acid akan berkembang dalam proses fermentasi itu sehingga memberi kontribusi yang bermanfaat bagi kesehatan kita.Bakteri lactic acid biasanya diperoleh dari susu yang telah difermentasikan. Namun, kini kita bisa memperolehnya dalam Doenjang. Ketika usus memiliki jumlah bakteri yang baik dengan memadai, maka nutrisi akan dapat diserap dengan mudah.'

Doenjang (saus Korea)

3. It's Medicinal

"Obat-obatan dan kuliner mempunyai akar yang samadanquot; itu adalah pepatah yang mungkin pernah kita dengar. Dan hal ini rupanya berlaku pula buat kuliner Korea. Masyarakat Korea terbiasa melihat makanan sebagai obat buat mengatasi penyakit. Selain itu, cara memasak pula menjadi keliru satu pertimbangan sehingga kesehatan mereka namun terjamin. Contohnya, daging direbus supaya kadar minyak yang dikonsumsi hanya sedikit bila dibandingkan dengan daging yg diproses dengan cara digoreng. Selain itu, komposisi butir & sayaran yg masih ada pada masakan Korea juga dipercaya mempunyai khasiat tersendiri. Jadi pemahaman bahwa kuliner adalah pengobatan merupakan bagian dari masakan Korea.

4. It's Harmonius

Selain kesehatan, masakan Korea turut mengadopsi filosofi yang harmonis dengan alam. Contohnya adalah bibimbap atau nasi campur Korea. Dalam hidangan bibimbap terdapat lima warna sayuran yang ditata dengan penuh makna, yakni : hijau (timur), putih (barat), merah (selatan), hitam (utara), dan kuning (pusat). Setiap warna tersebut juga menyimbolkan musim, hari dalam seminggu, dan juga bagian tubuh manusia. Pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, hitam melambangkan ginjal dan juga sistem reproduksi, hijau melambangkan mata, dan masih banyak lainnya. Hal ini yang menjadi dasar dari terapi makanan di Korea. Ini nih, yang membuat masakan Korea unik dan beda dari masakan-masakan negara lainnya. Ada keharmonisasian dengan alam dan kehidupan sih hehehe.

Bibimbap

lima. It's Tasty

Guksu
Ramyeon

Nah, ini merupakan alasan yang paling utama untuk mencoba masakan Korea. Rasanya sungguh menggiurkan. Kimchi dengan rasa pedas dan asam yang lezat untuk melengkapi sajian bibimbap. Ada juga sup, ramyeon, dan guksu (mie campuran)khas Korea yang disajikan dengan berbagai varian dan bahan-bahan tambahan. Berbagai varian ini akan membuat kita tak bisa berhenti untuk mencoba menikmati berbagai masakan Korea.

Images Source :

http://koreanindo.Net/2013/02/12/apa-saja-hidangan-ala-korea-yg-umumnya-tersaji-saat-tahun-baru-imlek/

https://dindatresina1908.Wordpress.Com/

https://en.Wikipedia.Org/wiki/Kimchi

http://www.Manusmenu.Com/bibimbap

http://febriantiph01.Blogspot.Co.Id/2015/02/10-kuliner-khas-korea-selatan.Html

https://topchefkorea.Wordpress.Com/2011/01/15/party_noodles/

http://www.Mykoreandiet.Com/ingredients-for-korean-food/what-is-bean-paste-korean-bean-paste-doenjang.Html

Post a Comment for "5 Alasan Untuk Mencoba Masakan Korea"