Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aturan Makan di Korea Selatan

Memang beberapa negara di kawasan Asia memang terkenal menggunakan rapikan tramanya, apalagi pada soal aturan makan. Pada kali ini kita akan membahas mengenai tata krama pada saat makan pada Negara Korea Selatan.

  • Tunggu hingga dipersilahkan duduk

Ketika kita datang di tempat tinggal orang yang mengundang kita buat makan atau di restoran, jangan langsung duduk, namun tunggulah orang yg lebih tua atau pemilik rumah mempersilahkan kita duduk, baru kita boleh duduk.

  • Ucapkan salam sebelum makan

Jika kita mendapat undangan jamuan makan di kediaman orang lain, jangan lupa mengucapkan “jal moke get sum nida” yang artinya “aku akan makan dengan baik” sebagai rasa hormat dan rasa terima kasih kepada pemilik rumah.

  • Ketika makan

Ketika hidangan sudah disiapkan, jangan langsung makan begitu saja. Tunggulah  hingga orang yang lebih tua atau orang yang mengundang kita makan mulai menyantap hidangannya. Setelah mereka mulai mengangkat sumpit atau sendoknya, barulah kita bisa menyusul menyantap hidangan tersebut.

Sesuaikan kecepatan untuk menghabiskan makanan dengan orang-orang yang sedang makan juga.  Jangan terlalu cepat, dan jangan terlalu lambat. Selain itu jangan pernah meniup hidung sendiri karena itu adalah hal yang tidak sopan. Lalu jangan mengangkat mangkuk nasi dan sup seperti budaya yang biasanya dilakukan orang Jepang dan orang Cina ya. Tetap letakkan di atas meja dan jika tidak ingin tumpah, maka dekatkan mulut dan makan secara perlahan.

  • Setelah Makan

Jika sudah selesai menyantap hidangan, jangan lupa ucapkan “jal moke got sum nida” yang mempunyai arti “aku sudah makan dengan baik dan kenyang” dan juga bermakna “makanannya sangat enak, terimakasih atas makanan yang telah dihidangkan”.

  • Saat minum

Kemudian ketika ingin minum, tawarkan buat menuangkan minuman pada orang yang lebih tua terlebih dahulu. Saat menuangkan pegang botol menggunakan ke 2 tangan & sebaliknya apabila dituangkan. Pegang gelas menggunakan kedua tangan pula.

Keliahatannya sih relatif rumit ya, tetapi ini merupakan hal penting yg wajib diketahui agar kita tidak terlihat membuat malu ketika makan beserta orang Korea atau makan pada Korea Selatan langsung.

Post a Comment for "5 Aturan Makan di Korea Selatan"