Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 HAL YANG WAJIB DIKETAHUI MENGENAI KOREA SELATAN

Hai sahabat-sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini aku ingin mengulas mengenai beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai negeri gingseng ini. Mungkin terdapat sahabat-teman yang bertanya kenapa aku mengulas mengenai Korea Selatan ? Atau mungkin ada juga yang telah tahu apa alasanku.

Yaps, saya merupakan penggemar berdasarkan segudang kebudayaan, kuliner, & wisata pada Korea Selatan. Jujur, pasti ada yang berpikiran saya tidak menyayangi kebudayaan, masakan, & wisata negeri kita tercinta, Indonesia. Semua itu merupakan pemikiran yg keliru, saya sangat bangga dengan kebudayaan Indonesia, tetapi dalam kesempatan saat ini, saya ingin mengembangkan keterangan tentang negara berasal drama "Winter's Sonatadanquot; & boyband SUPER JUNIOR ini.

Yuk, mari disimak beberapa warta berikut :

1. Korea Selatan terletak pada kawasan Asia Timur menggunakan luas sebesar 99.720 km2 . Negara ini terdiri dari 1 kota khusus, 6 kota besar , 8 provinsi, 1 kota atministratif spesifik, & 1 provinsi khusus.

Berikut merupakan pembagian daerah berdasarkan negara tadi :

1 kota khusus yakni Seoul, sebagai Ibukota Korea Selatan. Kemudian 6 kota besar terdiri dari Kota Metropolitan Busan, Kota Metropolitan Daegu, Kota Metropolitan Incheon, Kota Metropolitan Gwangju, Kota Metropolitan Daejeon, Kota Metropolitan Ulsan. 8 provinsi yang meliputi Provinsi Gyeonggi, Provinsi Gangwon, Provinsi Chungcheong Utara, Provinsi Chungcheong Selatan, Provinsi Jeolla Utara, Provinsi Jeolla Selatan, Provinsi Gyeongsang Utara, Provinsi Gyeongsang Selatan. 1 kota administratif khusus adalah Kota Sejong. Terakhir adalah Provinsi Jeju yang merupakan 1 provinsi pemerintahan khusus.

Dua. Korea merupakan negara yang memiliki 4 musim, dengan pembagian waktu, yakni : Musim Semi diperkirakan terjadi lebih kurang akhir maret sampai awal mei, umumnya bunga sakura akan bermekaran menggunakan indah dan pegunungan merupakan salah satu loka yang wajib dikunjungi buat hiking. Musim panas terjadi dalam Juni sampai awal September. Pantai Heundae yang terletak pada Busan adalah pantai yang populer dengan majemuk festival seperti festival bahari & pertandingan voli. Pada trend gugur dalam september hingga awal november. Musim Dingin pada akhir November hingga maret.

Pada trend semi suhu udara berkisar 5-20 derajat celcius, ketika isu terkini panas suhunya mencapai 20-30 derajat celcius, saat isu terkini gugur suhu mencapai 5-20 derajat celcius pula, hampir sama ketika isu terkini semi, dan dalam ekspresi dominan dingin suhu berkisar antara -1 hingga -16 derajat celcius. Kebanyakan rakyat Korea memiliki indera pemanas ruangan buat menghangatkan tubuh mereka.

3. Bendera nasional Korea Selatan disebut dengan “Taekgeukgi”. Dalam bendera ini terdapa simbol dari prinsip eum / yin () dan yang () yang sangat lekat dengan filosofi masyarakat Korea Selatan. Warna biru dan merah melambangkan interaksi yang harmonis antara kedua simbol tersebut. Sementara itu, lambang tiga garis yang berada di keempat sudut bendera ini masing-masing menggambarkan (dari kiri atas ke kanan bawah, searah jarum jam) yakni surga dan langit, air dan bulan, bumi, serta api dan matahari.

4. Bahasa yang digunakan adalah sistem aksara yang disebut dengan“hangeul”. Hangeul sendiri ditemukan oleh Raja Sejong dan mulai berkembang dan digunakan pada abad ke 15. Sistem aksara ini terdiri dari 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan. Perpaduan dari huruf konsonan dan vokal akan membentuk bunyi dan kata. Sebuah dokumentasi bersejarah,HUNMINJEONGHEUM yang berisi tentang instruksi penggunaanhangeul telah diresmikan oleh UNESCO, sebagai warisan bersejarah di dunia.

Biasanya para penggemar K-Wave atau biasa disapa K-Popers belajar hangeul melalui lirik lagu dari penyanyi atau grup favoritnya, serta belajar bahasa Korea dari drama, lagu, serta film yang mereka tonton. Selain itu, tidak sedikit juga mereka yang menempuh kursus bahasa Korea untuk memperlancar ilmu mereka dalam bahasa asing selain bahasa Inggris.

5. Kimchi dan Bibimbab merupakan dua makanan khas Korea Selatan yang sangat populer di mancanegara. Tetapi, banyak orang yang belum mengetahui bahwa selain sehat dan bernutrisi, hidangan Korea juga memiliki filosofi Yin dan Yang yang melambangkan keseimbangan alam. Contohnya, bibimbab, terdapat 5 (lima) warna sayuran yang ditata dengan makna : hjau dan biru (timur), putih (barat), merah (selatan), hitam (utara), dan kuning (pusat). Setiap warna ini juga menyimbolkan musim, hari dalam seminggu, juga bagian tubuh manusia. Misalnya, hitam melambangkan ginjal dan sistem reproduksi, sedangkan hijau melambangkan hati atau liver. Makanan ini juga mudah ditemukan loh di Surabaya !

Ada beberapa Korean restaurant yg menyediakan sajian tersebut, beberapa antara lain merupakan Platter, Kimchi-Go, Go Ju Mong, Sam Won House, Kogyo, Myoung Ga, dan masih poly lainnya.

Sumber gambar :

  • https://izmantoko.wordpress.com/2011/10/19/intermezzo-peta-korea-selatan/
  • http://frenkeyblog.com/pengalaman-travelling-keliling-korea-selatan/
  • https://www.flickr.com/photos/maiwanews/5234440200
  • https://imranjaafar.wordpress.com/2012/11/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Kimchi
  • http://meljoulwan.com/2014/04/03/paleo-bibimbap/

Sumber Referensi :

Korean Tourism Organization, Korean Culture Centre

Post a Comment for "5 HAL YANG WAJIB DIKETAHUI MENGENAI KOREA SELATAN"