Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Member Boy / Girl Group K-Pop Yang Sukses Debut Solo

Memulai debut solo bagi para member boy atau girl group bukanlah hal yang mudah ! Butuh persiapan mental, fisik, dan musik yang dapat membuat para pendengar takjub dan menikmati musik yang mereka buat. Selain itu mereka membutuhkan waktu yang lama dalam mempersiapkan debut sebagai soloist, tanpa ditemani member dari group mereka. Nama group mereka bisa-bisa dipertaruhkan karena solo karir mereka. Tidak semua dari mereka debut dengan mulus tanpa hambatan dan sukses begitu saja. Mereka benar-benar harus memulai dari "NOL" tanpa membawa nama grup mereka.

Namun ada jua yang harus siap kecewa karena debut solo mereka mampu dibilang kurang berhasil. Berikut merupakan lima artis yg dari aku sukses pada bersolo karir tanpa meninggalkan grupnya dan memperoleh banyak penghargaan berdasarkan kesuksesan solo tersebut.

1. G-DRAGON

Leader dari Big Bang ini merupakan salah satu orang yang berpengaruh di dunia K-Pop. Pria kelahiran 18 Agustus 1988 ini memiliki nama asli Kwon Ji Young. Ia debut besama Big Bang pada tahun 2006, kemudian Ia berkesempatan untuk membuat album solo pada tahun 2009 dengan title album "Heartbreaker" yang terjual hingga angka 200.000 copy dan membawanya pada kemenangan di ajang musik bergengsi MNET Asian Music Awards 2009 dengan kategori Album Of The Year. Kemudian pada tahun 2013 Ia mengeluarkan album keduanya yang bertajuk "Coup D' Etat"dan lagi-lagi Ia membawa pulang penghargaan MNET Music Awards 2013 dengan kategori Best Male Solo Artist, Best Music Video, Best Dance Performance, Artist of The Year.

Pada Januari 2013, ia memulai tur pertamanya yang bertajuk "G-Dragon 2013 1st World Tour" dan menjadi artis solo Korea pertama yang melangsungkan tur di empat Dome di Jepang, serta menjadi artis solo Korea kedua yang menggelar tur dunia (yang pertama adalah Bi Rain). Banyak orang yang memuji kemampuan bermusik G-Dragon, selain itu Ia juga termasuk orang yang memberikan pengaruh fashion yang unik terhadap remaja di Korea Selatan.

Dua. KIM TAEYEON

Leader dari Girls' Generation ini merupakan main vocalist di grupnya, sehingga sangatlah wajar apabila Ia melakukan solo debut. Ia sempat dijuluki Queen Of OST beberapa tahun lalu. Karena lagu-lagu yang Ia nyanyikan untuk soundtrack drama tersebut sangatlah enak di dengar dan juga drama itu memiliki rating yang cukup baik. Dengan kemampuan vokalnya yang mumpuni, Ia berhasil meraih berbagai penghargaan di mini album pertamanya dengan title "I" pada tahun 2015. Memperoleh Triple Crown yakni lagunya mampu bertahan pada peringkat pertama di acara musik MNET M! Countdown  serta KBS Music Bank selama 3 minggu berturut-turut.

Tidak hanya itu saja, pada tahun 2012 Ia pernah memperoleh piala dalam kategori Best Song From A Drama dan kategori Outstanding Korean Drama OST di acara Seoul International Drama Awards. Taeyeon juga pernah memenangkan penghargaan Gaon Chart 2015 dengan kategori Artist Of The Year serta kategori Best Female Artis dalam ajang bergengsi MNET Music Awards 2015. Tidak hanya itu saja, pada awal 2016 ini, Ia memperoleh penghargaan Popularity Awards dari acara Seoul Music Awards 2016. Dalam acara Golden Disc Awards 2016 pun Ia membawa pulang piala kemenangan untuk kategori Digital Bonsang Awards dan iQiyi Best Female Artist. Serta masih banyak penghargaan yang Ia peroleh. Baekhyun EXO aja sampai kepincut sama kemampuan dan kepribadian Taeyeon, apalagi fans-fansnya hehe ?

Tiga. TAEYANG

Masih dengan member Big Bang, Do Young Bae atau yang akrab dipanggil Taeyang ini lahir pada 18 Mei 1988. Ia merupakan main vocal dari Big Bang. Memulai karir solo pada tahun 2008 dengan mini album berjudul "Hot". Pada tahun 2010 Ia kembali membuat album bertajuk "Solar" dan berhasil membawa pulang penghargaan pada ajang MNET Music Awards 2010 kategori Best Male Artist dan pada ajang Seoul Music Awards 2010 dengan kategori yang sama.

Pada 9 November 2013 Ia merilis single berjudul "Ringa Linga" dan lagu tersebut masuk dalam produksi album "Rise" yang rilis pada Juni 2014. Album ini meraih status All-Kill di Korea (peringkat #1 di semua tangga lagu) dan menduduki peringkat #1 tangga album iTunes di 10 negara (top 50 di 21 negara). "Rise" menjadi album K-Pop ketiga yang mencapai posisi tertinggi dan posisi terbaik untuk penyanyi solo Korea dalam tangga album Billboard dengan meraih peringkat #112 di Billboard Hot 200, peringkat #1 di Billboard World Albums Chart dan peringkat #1 di Heatseekers Albums Chart. Selain itu, Taeyang memenangkan penghargaan 'Best Male Artist', 'Song of the Year' dan 'Best Vocal Performance - Male' (keduanya untuk lagu Eyes,Nose,Lips) di Mnet Asian Music Awards 2014.

4. KIM JONGHYUN

Kali ini datang dari main vocalist SHINee, teman satu agency dari Girls' Generation, Super Junior, dan masih banyak lainnya. Jonghyun memiliki nama panggilan dari fans dan teman-temannya, yakni "Bling-Bling Jonghyun". Pria kelahiran 8 April 1990 ini bisa bernyanyi hingga nada empat oktaf. Jonghyun memulai karir solonya pada Januari 2015 yang lalu. Dengan lagu "Dejaboo" dan juga "Crazy" mini albumnya yang bertajuk "Base" masuk dalam peringkatBillboard's World Album chart dan the Gaon Album Chart. Pada 2016 ini, Ia berhasil meraih kategori Disc Bonsang dalam acara Seoul Music Awards 2016.

Lagu tersebut juga menjadi jawara dalam berbagai acara musik seperti KBS Music Bank, SBS The Show, MNET M! Countdown, MBC Music Core, SBS Inkigayo di dalam minggu yang sama. Kemudian pada tahun 2015, Jonghyun  juga memperoleh gelar dalam Blue Night Radio sebagai Exellence Radio - Awards. Selain itu Ia diketahui telah menjadi penulis dari lagu comeback soloist Lee Hi yakni"Breathe" yang rilis pada Maret 2016, dan lagu tersebut mendapat peringkat pertama di acara musik MNET M! Countdown serta SBS Inkigayo pada pertengahan Maret lalu. Lee Hi pun merasa bangga dan senang sekali bisa bekerja sama dengan Jonghyun dan lagunya digemari masyarakat.

Lima. CHO KYUHYUN

Member Super Junior yang paling muda ini akhirnya melakukan solo debut pada November 2014. Ia mengeluarkan mini album dengan title "At Gwanghwamun". Dalam mini album tersebut, terdapat 7 buah lagu yakni At Gwanghwamun, Eternal Sunshine, At Close, Flying Deep in The Night, moment of Farewell, One Confession, dan My Thoughts Your Memories. Yang lebih spesialnya lagi, lagu My Thoughts Your Memories diciptakan sendiri oleh Kyuhyun bersama sahabatnya Changmin TVXQ. Selain itu lagu tersebut merajai chart di berbagai situs download dan iTunes sehingga mencapai All Kill. Dalam perjalanannya sebelum merilis solo album, Kyuhyun kerap kali mengisi berbagai original soundtrack untuk berbagai drama.

Total piala yang Ia peroleh dalam masa promosi solo debutnya kini mencapai 5 trophy. Pada 2016 ini, Ia memperoleh Digital Bonsang untuk lagu "At Gwanghwamun" dalam penghargaan "30th Golden Disk Awardsdanquot;. Selain itu Kyuhyun pun juga sering berperan dalam drama musikal yang membuat orang-orang yakin bahwa kualitas suara dan kemampuan yang Ia miliki tidaklah sekedar aji mumpung. Didampingi dengan akting yang piawai, Ia dan teman-teman yang tergabung dalam musikalnya dapat menyedot berbagai perhatian masyarakat. Beberapa musikal yang pernah Ia bintangi adalah The Three Musketeers, Catch Me If You Can, Singin' In The Rain, The Days, dan yang terakhir Ia bintangi pada tahun 2015 adalah The Roobin Hood.

Jadi, siapakah member boy atau girl group yang telah melakukan solo debut dan menjadi favorit kalian ?

Images Source :

  • http://www.newsth.com/bintang/wp-content/uploads/2015/12/G-Dragon-BigBang.jpg
  • http://euro.soshipapers.com/soshi/4885.jpg
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTv5subwR_JQP2ivHP6Iyfj_UVWmg4yvzIv0wsmuVC4yJmPRFgWZuKdOzbs52hqKXoMpbYJYy2YMTHJ0MrDNkX-ZgI7qrvH5_zzAvja8bmWJJDI6jB8a5eDUk-cRwK3BKjX1qbYFJRVv8/s1600/tumblr_nlcovlmC291rcoad1o1_1280.jpg
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBfSJ8pf-iOqiPemuAuN4fkb8xZHQwcvnOryzNTA1s-SMxdp6ctlwblh7r-hInKLdUCxA985SOoacaLtZFgVWe2U4ImvlXE1sm_m4XqYr3M8W6vTHm2YU_NsJ7KEkfAhiDcFkGX6aSWLk/s1600/taeyang-NBA_0011.jpg
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg30qHeViuhp6beSe2tpNI-lhAlvWcsgmueL9mkKKLpNQjYuf7N0FTxRCxi6VA8drWwfA7_8_iTWLhsMjdca5AJV8FvKqKSoONYw96fU3PqiAeliImbFD-5OI8ova4yR5oqvXjmrY9uFDmc/s1600/1419607759196.png

Post a Comment for "5 Member Boy / Girl Group K-Pop Yang Sukses Debut Solo"